Jumat, 17 Juni 2016

SEJARAH ARSITEKTUR

Sejarah Arsitektur
Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, dsb), dan cara (bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi). Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik-praktik, arsitektur berkembang menjadi ketrampilan. Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting, ia semata-mata melanjutkan tradisi.
Bersamaan dengan penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu (misalnya engineering), dan munculnya bahan-bahan bangunan baru serta teknologi, seorang arsitek menggeser fokusnya dari aspek teknis bangunan menuju ke estetika. Kemudian bermunculanlah "arsitek priyayi" yang biasanya berurusan dengan bouwheer (klien)kaya dan berkonsentrasi pada unsur visual dalam bentuk yang merujuk pada contoh-contoh historis. Pada abad ke-19, Ecole des Beaux Arts di Prancis melatih calon-calon arsitek menciptakan sketsa-sketsa dan gambar cantik tanpa menekankan konteksnya.
Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas bangunan, arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Arsitektur sekarang ini membutuhkan sekumpulan profesional dalam pengerjaannya. Inilah keadaan profesi arsitek sekarang ini. Namun demikian, arsitek individu masih disukai dan dicari dalam perancangan bangunan yang bermakna simbol budaya. Contohnya, sebuah museum senirupa menjadi lahan eksperimentasi gaya dekonstruktivis sekarang ini, namun esok hari mungkin sesuatu yang lain.
2.2.   Jenis-jenis Arsitektur
a.       Arsitektur Kuno
b.      Arsitektur Post Modern
Post modern bila diartikan secara hafiah kata – katanya terdiri atas “ post “ yang artinya masa sesudah dan “ Modern “ yang artinya Era Modern maka dapat disimpulkan bahwa post modern adalah masa sesudah era modern (era diatas tahun 1960 an).
Arsitektur Post Modern adalah arsitektur yang berkembang setelah era Arsitektur Modern dimana aliran Arsitektur yang baru ini mempunyai tujuan menolak, menyempurnakan, dan mengkoreksi terhadap kesalahan yang telah terjadi pada Arsitektur Modern dimasa sebelumnya.
·         Arsitektur Nusantara
Lingkungan kemasyarakatan dimana arsitektur itu berada selalu menguatkan keberadaan arsitektur itu sendiri, dimana aspek-aspek yang ada dalam suatu lingkungan menjadi pendukung utama suatu eksistensi nilai atau bentukan dari Arsitektur Nusantara.
Suatu eksistensi Arsitektur Nusantara dalam suatu lingkungan sering kali dipengaruhi oleh aspek-aspek di bawah ini, diantaranya adalah :
§  Budaya dan tradisi (adat istiadat )
§  Agama
§  Kondisi alam
§  Tingkat ekonomi
§  Tingkat pendidikan
c.       Arsitektur Modern
§  Adalah hasil pemikiran baru mengenai pandangan hidup yang lebih “manusiawi” yang ditrapkan pada bangunan.
§  Adalah totalitas daya, upaya dan karya dalam bidang arsitektur yg dihasilkan dari alam pemikiran modern yang dicirikan sikap mental yang selalu menyisipkan hal-hal baru, progresip, hebat dan kontemporer sebagai pengganti dari tradisi dan segala bentuk pranatanya.
§  Adalah arsitektur yang ilmiah sekaligus artistik dan estetik, atau arsitektur yang artistik & estetik yang dapat dipertanggungkan secara ilmiah.
Perbandingan Antara Arsitektur Modern, Purna Modern, Dan Pasca Modern
Arsitektur Modern
Arsitektur Purna Modern
Arsitektur Pasca Modern
Universal
Kontekstual
Regional, historical
Funsional
Multi Fungsional
Multi Fungsional
Wadah kegiatan
Teks
Teks
Produk, solusi
Bahasa
Bahasa
Fungsi ke betuk
Bentuk ke fungsi
Bentuk ke fungsi
Simpliciti
Exremcity
Kompleksitas
Singel – coding
-
Double - coding
Platonic – geometri
Geometri Dekontruktive
Figurative Geometri
Tidak ada simbol
Tidak ada simbol
Simbolic
Space = volume = form
Space = room 
Space = room
Less is more
Deconstructed is more
Less is bore
Repetitive form
Free form
Symbolic form
Rational
Ide-ide lain kebetuk perwujudan yang ekstrim
Kombinasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar